Sakit Tenggorokan..?? Termukan Solusinya Disini

 Hammer of thor
a
Sakit Tenggorokan..?? Termukan Solusinya Disini-Pernah sakit tenggorokan? Pasti pernah! Saya, Anda, atau pun orang-orang di luar sana, baik anak-anak maupun dewasa, pasti pernah mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan memang sangat mengganggu karena rasa sakit tersebut menyebabkan kita susah untuk menelan makanan, sulit berbicara bahkan kehilangan suara.

Berbagai cara mengatasi sakit tenggorokan pastilah segera kita lakukan karena biasanya sakit tenggorokan merupakan gejala awal terjadinya pilek, radang amandel, atau karena batuk.

Penyebab Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan bisa terjadi karena makanan tinggi karbohidrat seperti biskuit, kebanyakan minum es, makan makanan yang banyak vetsin, stres, merokok, konsumsi alkohol berlebihan. Bisa pula terjadi karena perubahan musim, yaitu saat memasuki musim penghujan di mana daya tahan tubuh kita berkurang karena perubahan cuaca dan menyebarnya virus yang sering muncul di awal musim penghujan.

Sakit tenggorokan biasanya disertai juga dengan sakit kepala, sendi dan otot terasa ngilu, serta demam. Jika diperiksa, tenggorokan akan terlihat berwarna merah dan meradang.

Namun, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri sehingga jika mengalami sakit tenggorokan maka cara mengatasi sakit tenggorokan ini tidaklah harus dengan meminum antibiotik. Terlalu banyak antibiotik yang kita konsumsi akan membuat tubuh kita kebal terhadap antibiotik.

Banyak cara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Dengan cara-cara alami tersebut maka ketergantungan kita terhadap antibiotik dapat dikurangi. Bagaimana pun antibiotik juga memiliki efek samping, yaitu dapat merusak bakteri baik di dalam pencernaan kita.
Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami
Berikut ini adalah cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami. 
  1. Berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam. 
  2. Meminum campuran air perasan jeruk nipis yang diberi sedikit madu dan parutan jahe. 
  3. Berkumur dengan jus lidah buaya. 
  4. Perbanyak minum air putih. 
  5. Bisa mengonsumsi obat atau larutan penghilang sakit tenggorokan yang dijual bebas di apotik dan toko obat. 
  6. Perbanyaklah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Selain untuk mengobati sakit tenggorokan, vitamin C juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit flu dan batuk. 
  7. Biasakan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan makanan-makanan yang mengandung betakaroten. 
  8. Minumlah segelas susu hangat yang telah dicampur dengan madu untuk meredakan rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan. 
  9. Berhenti merokok adalah alasan yang paling utama bagi para perokok yang sering diserang sakit tenggorokan. 
  10. Kurangi minum-minuman yang mengandung alkohol dan bersoda. 
  11. Istirahat yang cukup. 
  12. Kurangi kena angin malam. 
  13. Mengisap uap dari air hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan dan mampu membantu mengeluarkan lendir yang biasanya muncul pada saat sakit tenggorokan. 
  14. Jika sakit terus berlanjut dan berlangsung lama, kunjungilah dokter langganan keluarga Anda. Jangan membiasakan diri untuk mengonsumsi sembarangan obat tanpa pengawasan dari dokter karena bisa menyebabkan gangguan ginjal dan liver.
Pengobatan
Pengobatan ini berpusat di sekitar mengatasi penyebab penyakit. Sebagian besar kasus laringitis yang dibawa pada oleh infeksi virus, adalah self-menyelesaikan dan dengan demikian, mereka lebih baik dalam waktu seminggu atau lebih. Untuk kondisi lain, obat yang diresepkan oleh dokter mungkin termasuk antibiotik (untuk infeksi bakteri), kortikosteroid (untuk mengurangi peradangan) dan obat refluks asam (jika GERD merupakan salah satu penyebab). Cara lainnya :
  1. Selain minum obat, Anda dapat mengikuti beberapa langkah perawatan diri yang sederhana di rumah untuk menjaga diri Anda lebih nyaman. Menghirup uap dari semangkuk air panas adalah obat rumah yang disarankan untuk laringitis dan efektif juga. Ketika Anda memulihkan diri dari penyakit Anda, gunakan suara Anda hanya bila diperlukan dan jangan tegang atau lebih menggunakannya.
  2. Menjaga diri terhidrasi dengan baik dengan minum delapan gelas air setiap hari. Setiap pagi atau setiap kali Anda merasa iritasi tenggorokan, berkumurlah dengan air garam hangat atau mengunyah cengkeh dan jahe. Penting juga untuk Anda, menghindari merokok dan minum alkohol, karena dapat memperburuk gejala lebih lanjut.
  3. Laringitis dapat dihindari dengan menghindari rokok dan terutama menjaga diri dari perokok pasif. Hindari membersihkan tenggorokan Anda setiap sekarang dan kemudian, karena dapat meningkatkan pembengkakan. Sebaliknya, kumur dengan air garam hangat seperti yang disebutkan di atas.
  4. Mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga diri dari setiap infeksi saluran pernapasan atas. Jangan mengabaikan kebutuhan untuk minum banyak air. Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik tidak hanya membantu mengobati radang tenggorokan namun mencegah juga.

Laringitis Sebagai Bagian Dari Sakit tenggorokan
Penyebab Laringitis ditentukan oleh jenis kondisi, apakah itu sebuah laringitis akut atau laringitis kronis.

Laringitis, seperti namanya, adalah suatu kondisi medis yang melibatkan kotak suara (laring), dan karenanya 'laringitis' nama. Kondisi ini pada dasarnya adalah peradangan kotak suara yang hasil, infeksi berlebihan atau iritasi. Ini kondisi medis mungkin akut, yaitu, mungkin tinggal untuk waktu singkat, atau mungkin kronis, yang berarti mungkin memiliki efek jangka panjang.

Gejala Laringitis
Gejala-gejala laringitis terkait dengan kualitas suara dari orang yang terkena. Pita suara (salah satu dari dua pasang lipatan selaput lendir memproyeksikan ke laring) terletak di dalam laring. Jadi, ketika laring menderita peradangan, suara akan sangat terdistorsi dan menjadi berbeda dari normal. Gejala-gejala yang terjadi antara lain suara serak, perasaan geli di tenggorokan, sakit tenggorokan dan tenggorokan kering.

Dalam beberapa kasus, suara menjadi sangat lemah sehingga tidak dapat dideteksi dan orang yang terkena mungkin juga menderita kementahan di tenggorokan, batuk kering dan anak-anak mungkin mengalami kesulitan bernafas. Kemacetan dan dorongan untuk terus membersihkan tenggorokan adalah gejala umum lainnya.

Apa Penyebab sakit Tenggorokan Laringitis?
Seperti disebutkan sebelumnya, tergantung pada jenis kondisi, faktor-faktor penyebab laringitis dapat bervariasi. Diawali dengan penyebab akut, dingin-menyebabkan infeksi virus, berteriak atau lebih penggunaan suara, campak, gondok dan difteri telah dikaitkan sebagai faktor yang bertanggung jawab.

Penyakit seperti sinusitis kronis dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah beberapa penyebab laringitis kronis. Penyalahgunaan alkohol, merokok, menghirup asap bahan kimia, alergen dan iritan lainnya dan menggunakan lebih dari suara juga beberapa faktor umum dalam timbulnya kondisi ini.

Terlepas dari ini, infeksi bakteri atau jamur, kanker, infeksi parasit dan kelumpuhan pita suara juga dapat dianggap sebagai pelanggar potensial, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi.

Penanganan Rumahan Pada Sakit Tenggorokan
Sudah pasti Anda sudah sering mendengar pengobatan rumahan untuk mengobati sakit tenggorokan, terasa gatal atau batuk. Umumnya pengobatan jenis ini masih sangat efektif bahkan sampai hari ini, berikut ini resepnya. 
  • Berkumur dengan air garam adalah obat terbaik tenggorokan gatal. Anda dapat pergi untuk siap menggunakan solusi berkumur tersedia di pasar atau membuat sendiri di rumah. Tambahkan ½ sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat dan berkumur sekali atau dua kali dalam sehari. 
  • Lemon dan madu juga penghilang alami dari tenggorokan gatal. Tambahkan 1 sendok teh madu dan jus lemon dalam segelas air hangat dan meminumnya. 
  • Minum susu hangat dicampur dengan 1 sendok teh kunyit juga membantu dalam membuktikan bantuan instan. Hal ini lebih efektif jika diambil saat pergi tidur. 
  • Hal ini juga sangat penting untuk menjaga tubuh terhidrasi untuk menenangkan iritasi di tenggorokan. Satu harus minum 8 gelas air setiap hari. 
  • Teh Hijau, teh herbal dan jahe juga sangat efektif untuk menghilangkan tenggorokan gatal. Anda dapat memiliki salah satu dari mereka sekali atau dua kali setiap hari.
     Hammer of thor
    a